Hongkong Day 3 (Shenzen - Splendid of China)

HELLO CHINA!! Oops.. I mean hello Tiongkok!

Apa yang ada di pikiranmu jika mendengar kata Tiongkok? Crowded? Kw-an? Jorok? Opini terakhir ini mungkin terlalu negatif, tapi saya pernah baca di bukunya Trinity, Naked Traveler, kalo Tiongkok itu salah satu negara terjorok, disana anak kecil memakai celana yang di tengahnya sudah dibolongin, ceritanya sih supaya kalo pipis/pup bisa dimana aja, lain lagi dengan kamar mandinya, yang di beberapa toilet hanya ada 1 aliran jamban jadi kalo ada yg lagi pup bisa keliatan tuh hanyutnya, lagi-lagi cerita di toilet, disini punya kebiasaan males ngeflush,  eewww... Opini tersebut langsung masuk ke pikiran saya, sebenernya disini waktu yang tepat untuk membuktikannya... tapi ogah deh, cari aman aja ga mau masuk sembarang toilet, even di dalem mall pun. haha. Kalo yg masalah celana anak kecil itu saya ga pernah liat sih... ya mungkin cuman 1 hari juga, jadi ga sempet explore macem-macem. Tapi negaranya beneran crowded, secara Tiongkok merupakan negara dengan penduduk terbesar di dunia, sebab itu pula yang membuat pemerintahnya mengeluarkan peraturan 1 keluarga 1 anak, yah.. walaupun tahun 2015 peraturan tersebut udah dicabut sih. Terkait penduduknya yang banyak itu, hampir di seluruh dunia kamu bisa menemukan daerah pecinan atau biasa disebut china town. Dampak langsungnya pas saya disana, antrian mengular, yang menyebabkan masyarakatnya suka menyelak (Berasa di Indonesia. hehe) KW-an bener bangett, dimana-mana barang KW, sampe kalo saya baca juga minuman makanan beda kualitasnya dengan di hongkong, pantes aja disini lebih murah! Walaupun begitu belum lengkap rasanya kalo belum mengunjungi langsungkan... jadi silahkan mencoba! Sekian intermezzonya, kita lanjut cerita pengalaman saya...........

Shenzen, berada di Cina daratan, letaknya berbatasan langsung dengan hongkong, cukup naik kereta tujuan lo wu station. Kalo anda mengalami salah kereta seperti saya, yang salah naik jurusan ke lok ma cau, jangan khawatir, saat di stasiun sheung shui kalian tinggal turun, lalu ganti kereta ke tujuan lo wu, tinggal dengerin speaker aja, atau baca petunjuk di layar. Sheung shui itu ibaratnya manggarailah, bisa transit ganti kereta, cuman ada 2 jurusan aja koq ga serumit manggarai. 

Jangan lupa siapin paspor dan bikin VOA (visa on arrival) letaknya ada di lantai 2, disebelah tempat pembuatan visa ada money changer, cukup membayar 168 yuan atau renminbi (RMB) visa kamu langsung jadi, berlakunya cuman 5 hari ya, dan shenzen only! Kalo udah dapet visa, tinggal turun ke bawah lagi, isi arrival/departure form dan masuk ke antrian imigrasi. Fyi, biasanya imigrasi ini antri panjang, dan orang-orang pada ga sabar antri, better to watch out ur line, jangan sampai diselak! Keluar dari imigrasi, kamu akan merasakan suasana yang berbeda, semrawut, dan jangan harap mereka paham bahasa inggris. Di setiap stasiun ada tempat informasi, sayangnya, lagi-lagi gada yang bisa bahasa inggris, keahlian berbahasa tubuh sangat dibutuhkan. Saran saya tukerlah uang ke mata uang setempat daripada beli shenzen tong lebih baik siapkan koin yang bisa ditukar di tempat informasi, karena menurut tulisan yang pernah saya baca, shenzen tong tidak bisa di refund di sembarang tempat

Walaupun terlihat kurang modern dibanding hongkong, tetapi disini pengawasan lebih ketat, terdapat pengecekan di stasiun, bukan hanya di airport. Baiknya selalu bawa paspor. Harga-harga disini jauh lebih murah dari hongkong, sekali naik kereta paling cuman keluar uang 2 RMB.
Penginapan yang saya rekomendasikan ZTL Hotel, review lengkap bisa dibaca di tulisan pembukaan, jangan lupa siapkan uang deposit ya. Lokasinya cukup strategis koq dari laojie station exit B, di sebrang stasiun akan terlihat hotelnya.

SPLENDID CHINA
How to get there?
Take a metro to Huaqiaocheng/Overseas Chinese Town – exit D.
follow this way to splendid of china

Coba cari di map, lah koq ga ada Overseas chinese town nya, bolak balik cek di mesin koin juga ga ada, nanya pun ga ada yang ngerti, akhirnya ke informasi, dan dipanggilkan orang yang bisa berbahasa inggris.. ternyataa… di map itu ditulis OCT alias overseas chinese town, yassalam..  Seperti biasa bayar tiket metro cuman 2 RMB aja, berenti di OCT, tinggal ikutin petunjuk jalan, disini udah berasa di china nya *yaialah namanya juga splendid china :p . harga tiket masuk 180 RMB, baca-baca di page backpacker dunia ada yg jual lebih murah tapi lewat calo, dan ada minimum group, berhubung kami cuman ber2 jd lanjut aja beli tiket on the spot.
in front of Splendid of China

Turun dari tangga masuk sebelah kanan ada sewa mobil golf/sepeda tapi dihitung-hitung mahal, biayanya per jam. Ga jauh darisitu ada tukang manisan, yang dulu kalo pernah liat putri huangzu, pernah muncul makanan ini, kaya manisan plum merah di tusuk model bbq, rasanya kelewat manis, karena dilapisi gula, dan dsajikan dingin. Harganya 10 RMB.
manisan 10 RMB

Oiya, kalo baca pengumuman sih ga semua atraksi disini gratis, tapi atraksi yang saya tonton gada yang bayar sih.. gatau hanya kebetulan atau gimana, karena disini komunikasi sangat terbatas, orang-orang sebelum ditanya udah melengos, ga ada yang paham. Disini kami cuman nonton beberapa atraksi, dan yang menurut saya paling  rame yaitu atraksi perang di acuan kuda.
battlefield

atraksi 

tibetian 



atraksi tarian

Splendid china sangat luas dan sepi, mungkin karna atraksi yang disuguhin ga terlalu menarik, sampai2 saat kita kesana, ada survey kepuasan pelanggan, sayangnya kami gabisa baca bahasa china, jadi ga paham juga isi survey nya kaya gimana. Tips : lebih baik kesini menjelang sore, masih adem enak untuk jalan-jalan, walaupun adem tapi menurut saya udaranya panas, saya berangkat pertengahan mei, suhu tertinggi mencapai 29 derajat.
Jalan yang sejuk dan rindang sore hari



Menjelang magrib kami kembali ke daerah hotel, mencari makan disekitaran dongmen street. Cari makanan halal, ditengah perbabian ini sungguh sulit, MCD pun ga jamin halal, sampe akhirnya kami menemukan  lelaki muda memakai peci di depan restoran, setelah diliat-liat restorannya berlogo halal, horee!! Pencarian berakhir disini.. yuhuu…
restoran halal di dongmen street

Cukup menunjuk gambar yang kalian mau aja, karna membaca pun sulit, kami pesan daging (yang kami kira ayam) lengkap sama nasi, ditambah wonton, pertama kalinya nyobain wonton, enak! Seperti mie ramen ada irisan dagingnya. Porsinya gede banget, bisa banget untuk sharing/dibungkus, nanti dikasih mangkok sterofoam, bungkus sendiri (self service). Untuk makanan sebanyak itu kami membayar 107 RMB, 1 wonton noodle, 1 beef, dan 1 nasi, tanpa minum ya... saya saranin bawa minum sendiri, karna di restoran gini jarang menyediakan/menjual minuman. Kayanya mahal karena beli beef sih, tapi asli beefnya banyak banget ga abis-abis, sampe besoknya dipake buat campuran popmie pun masih banyak. Oiya, ada kejadian lucu disini, berhubung di meja ga tersedia tisu, kami ngeluarin tisu sendiri, dan pembeli lain ikutan ambil tisu di meja kami *berasa tisu milik bersama.
wongton noodle

daging dengan bubuk gitulah, gatau namanya apa.hehe

Selesai makan, kami jalan-jalan di sekitar dongmen street, ramee banget 11 12 lah sama tanah abang, barang yang dijual pun murmer, KW-an, tips belanja disini, kalian harus tau barang yang kalian beli, jangan sampai beli tas lucu taunya seharga barang ORI, saran aja sih kalo mau belanja mendingan yang pernak pernik aja, macem gantungan hp, casing hp, dan jangan lupa nawar, nawarnya pake kalkulator aja biar gampang.
dongmen street

Tips lagi dari saya kalo jalan-jalan keluar lebih baik bawa kartu nama hotel, PENTING! Sebenernya pas di hotel saya udah ngambil kartu nama, tapi berhubung pas mau pergi ganti baju, kartu nama tertinggal di baju sebelumnya.. and you know what, mencari hotel seperti mencari jarum di tengah jerami, susah banget bok! Mau nanya gada yg ngerti bahasa kita, sampe udah nanya polisi nulisin nama hotelnya, tetep ga ngerti, perbedaan bahasa dan tulisan membuat semuanya rumit, belum lagi ditambah kami ga beli sim card local (sim card hongkong sinyalnya ga nyampe sini) akibatnya gadget gada yg bisa berfungsi, bye bye google maps… 

Comments

Popular Posts