Menapakkan Kaki di Tanah Batak (Medan)

Medan (26-30 Agustus 2015)
Setelah Batam, Palembang, sekarang Medan, alhamdulilah akhirnya bisa menapakkan kaki di tanah Batak juga. Kesan pertama sampai di bandara Kuala Namu, woww….. bagus banget, rapih dan modern, udah terintegrasi sama kereta, kaya di luar negeri deh, kalo  Jepang punya shinkansen, Korea punya KTX, Indonesia punya raillink xD .walaupun belum secepat dan secanggih itu juga sih xD

stasiun kereta di dalam bandara

intrior dindingnya koper-koper lucu

interior kereta

CULINARY

Duren Ucok
Belom ke Medan kalo belum nyobain Duren Ucok
Good news nya duren ucok buka 24jam, kita bela-belain kesana jam12malem. Pesta duren tengah malam yang sukses ngabisin 6 duren berbanyakkan. Keuntungan makan disini, duren bisa dituker kalo rasanya ga pas dengan selera, jadi mereka sangat menjamin kualitas rasa duren yg disajikan. Selain makan duren ucok, di hari terakhir saya juga sempet nyobain duren Berastagi, rasanya menurut saya lebih enak di duren ucok, kalo di berastagi rasanya cenderung pait, mungkin karena udah kematengan kali ya, tapi duren disana besar-besar dan lebih murah 25-35k, kalo di duren ucok harganya berkisar 20-40k. Ga salahlah kalo duren ucok emang jadi tempat favoritnya selain karena rasa, open hours nya yang 24 hours juga bikin fleksibel didatengin.

Dimsum Nelayan
Sesampainya di Merdeka Walk, awalnya  agak khawatir tempatnya bakal tutup, karena seperti biasa kita baru bisa keluar di atas jam 10 malem L . Dan ternyata masih banyak tempat makan yg buka, dan emg bagusnya kesini pas malem. Rekomendasi tempat makan disini ada di dimsum nelayan, dimsumnya mirip Imperial Kitchen, tapi sambelnya juara!pedeeess…dimsumnya sendiri saya rekomendasiin dimsum kepiting dan hakao kepiting udang (must try!). Selain dimsum nelayan, masih banyak kafe-kafe yg berjejer cantik sepanjang jalan sini.

Wajir Seafood
Akhirnya disamper juga sama temen-temen yang penempatan Medan, yeyy!! Bisa quick reunion deh, tapi lupa foto bareng L . Di wajir seafood, kembali disuguhi dengan makanan berkolesterol, tapi enak! Jangan lupa nyobain Ikan telor asi sama tom yum dan peach juicenya.

Soto Sinar Pagi
Yaampun, cuman ngetik soto sinar paginya aja, udah kebayang enaknya, dan lagi lagi makanan berkolesterol, yasudahlah yaa…. Mumpung masih muda dan mumpung lagi di Medan pasrah aja, tapi ini soto emang enak banget, bersantan tapi ga eneg, aku pesen yang soto ayam daging, sambelnya juga bikin nagih, selesai makan baru nyesel kenapa ga pesen yg soto paru :”). Fyi, soto sinar pagi ini katanya jam11 siang udah abis, jadi mendingan kesini pagi-pagi.

Tip Top
pengen banget mampir kesini, tapi udah tutup L . Katanya sih rasanya jadul-jadul gitu, mirip ragusa mungkin.

MUST VISIT

Air Terjun Sipiso Piso
Hari keempat, setelah check out kami sewa mobil dan langsung lanjut ke air terjun sipiso-piso yang lumayan jauh (sekitar 3-4jam), mungkin karena kita jalannya alon alon asal kelakon juga sih, jadi makan waktu… Tapi, naik mobil disini ngeri ngeri loh, supir sumatera metal, lampu merah tetep bablas, belom lagi salip menyalip supir yg ga sabaran. Jadi lebih baik alon alon asal kelakon ajalah ya.
Air terjun sipiso piso sendiri mempunyai ketinggian 800m, dari sini kita bisa liat view danau toba dibalik bukit, sayangnya tempat wisata ini ga terawat, kotor dan banyak coretan sepanjang jalan. Oiya, harga tiket masuk sini cuman 4ribu, lumayankan bisa liat view seindah ini, semoga ke depannya bisa lebih cantik dan terawat lagi tempatnya.

Desa Tongging
Ke Medan tanpa ke Danau Toba? Seperti ada yang kurang. Dari jamannya pelajaran IPS geografi waktu SD aku udah sering liat gambarnya di buku, dan baru sekarang punya kesempatan liat secara langsung, maka lanjutlah kita ke desa tongging, tepi danau toba. Selama perjalanan disuguhi view bukit barisan yang berakhir dengan danau toba yg berada di tengah-tengah bukit, walaupun gabisa lihat pulau samosir dari sisi sini, tapi pemandangan disini lebih sepi dan tenang, dan jangan lupa nikmatin pemandangannya sambil makan ikan nila bakar di saung-saung pinggir danaunya (yang halal ya).Ngomong-ngomong soal halal, sepanjang jalan kesini, banyak banget dijual BPK, apa itu BPK? Babi Panggang Karo -__-“ , nama panggilan lainnya B2 (babi), ada juga B1 (anjing), jadi hati-hati ya guys kalo mau makan sembarangan. Oiya, kalo kesini jangan lupa nyobain buah-buahannya sepanjang daerah berastagi, ada jeruk ,markisa, terong belanda dll.

Medan City Tour
Berhubung ini hari terakhir, dan kami mulai city tournya kesiangan, jadi kita express city tour aja. First Destination ke istana maimoon, dan sayangnya istana ini ditutup, hiks… gbs nyobain baju adatnya deh, jadi cuman bisa foto-foto di halaman sambil beli kain. Dari istana maimoon kita naik bemtor ke mesjid raya, dan ternyata disini wajib berpakaian muslim (termasuk jilbab) jadilah saya dipinjamkan kerudung. Dari masjid raya kami naik bemtor ke Tjong A Fie Mansion, rumah saudagar terkaya di Medan pada jamannya, tempatnya vintage bgt, barang-barang yg ada disana pun sebagian besar masih asli peninggalan Tjong a Fie. Mansion ini didirikan tahun 1900, Tjong A Fie sendiri melancong ke Medan di tahun 188. Untuk masuk ke mansion ini bayar entry fee sebesar 35k/person (sudah termasuk tour guide).  Dari Tjong A Fie kami lanjut beli oleh-oleh di Meranti yang sudah dipesan via telepon sehari sebelumnya, kalo langsung ke tempatnya penuh banget, jadi lebih baik pesen dulu. Selain meranti, ada oleh-oleh favorit saya, manisan jambu (13k/buah) dan pancake duren (supermini 55k/ kotak isi 10) yg bisa dibeli di sekitar situ. Dan ga perlu watir, pancake durennya udah dibungkus sterofoam jadi aman dibawa ke pesawat.
Masjid raya
Tjong a fie mansion

Istana maimun night view

Local Transportation

Cobain naik alat transportasi lokalnya deh, “bemtor” becak motor. Melaju lebih cepat, tanpa menghilangkan kesan tradisional nya. Selain cepat, bemtor ini juga bisa jadi pilihan murah meriahnya, bisa dinaikkin sampai 4 orang kaya foto di bawah ini.