Korea Part 2 - Haeundae Beach, Yonggung Temple, Seoul

Day 2

Haeundae Beach
Di Itinerary jam set6 pagi seharusnya kami udah berada di Haeundae Beach sambil ngeliat sunrise, dan ternyata kami baru bangun jam set7, hufft... melewatkan sunrise, akhirnya kami bersih-bersih langsung menuju haeundae beach yang letaknya 15 menit dari guesthouse. Sepanjang jalan saya perhatikan banyak bar-bar, tapi ada juga makanan halal. Jika kamu berlibur ke haeundae beach dan tidak bawa perbekalan, jalan saja ke arah pantai maka akan terlihat 2 sampai 3 tempat makanan halal yang berjajar di pinggir jalan.

tempat makan halal sepanjang jalan haeundae beach

Kami sarapan ikan sambil menikmati keindahan pantai, jangan dibandingkan dengan Indonesia ya! Disini pantainya biasa banget, tapi masih lebih mending dari pattaya or ancol :p . Masih ingetkan ikan tadi malem yg di take away? Itu jadi menu sarapan kami, lumayan hemat budget xD .

Haeundae Beach

ikan tepi pantai
Yonggung Temple
Dari haeundae, kami lanjut ke yonggung temple, di itin udah jelas banget cara menuju kesananya, tapi praktek berkata lain, naik bus lebih sulit, karena gada huruf latinnya, ditambah dengan penduduk lokal Busan yang mayoritas ga mengerti bahasa inggris, tapi untungnya saya bawa nama tempat yg dituju dalam tulisan hanggul, Tips jangan lupa menulis lokasi yang dituju dalam penulisan bahasa setempat. Alhamdulilah..kami ketemu orang baik lagi pas sedang bertanya yonggung temple, tiba-tiba orang yang kami tanya juga  mau kesana jadi sekalian dianterin, agak amaze sih, koq bisa  kebetulan gitu ya, dan yang turun cuman kami dan pasangan tersebut.

How to get there? from haeundae station exit 7, take bus #181, long walk to the temple.

haedong yonggung temple
View from the top

Cute little buddha

Jangan sia siakan free drinking water *backpacker mindset*

Haedong yonggung temple ini berada di pinggir laut, berbeda dengan temple lainnya yang kebanyakan berada di gunung. Oiya, sewaktu kami berada di yonggung temple ini, Tika kehilangan uang deposit kami semua, sebenernya ga ilang sih, cuman dia lupa meletakkan atau menjatuhkan dimana, uangnya cuman dibungkus kresek item, gimana ga panik, takut kebuanglah takut diambil oranglah, ketakutan kedua kami coret, karena sejauh ini Korea termasuk tempat yang aman, dan terbuktilah sampai hari terakhir barang yang jatuh biasanya ketemu lagi di tempat yang sama, mungkin ini yang dinamain masih rezeki :) . Tapi tetap harus hati-hati yaa, Keep your belonging!

Dari yonggung temple, kami balik ke guesthouse untuk check out dan melanjutkan perjalanan ke seoul, planning sebelumnya kami naik KTX (mirip shinkansennya jepang) untuk menghemat waktu, tapi sesampainya di Busan station ternyata tiket yang tersedia hanya jam 10pm, sedangkan saat itu masih pukul 2pm, akhirnya kami memutuskan untuk kembali ke napo station dan berangkat ke seoul dengan bus (lagi). Tips lebih baik pesen online, untuk menghindari kehabisan tiket KTX.

@busan station
Hongdae Guesthouse
Dari Seoul Station kami langsung menuju Hongdae Guesthouse yang letaknya ga jauh dari hongik station, berada di lantai 3 atas Dunkin Donuts sebelah kiri exit #1, walaupun banyak yang ke-skip itinnya gara-gara batal naik kereta express tapi setidaknya kami bisa mengistirahatkan kaki sampe besok pagi. Tips, masih banyak stasiun yang tidak menyediakan eskalator maupun lift, sebaiknya jika membawa huge luggage seperti kami, lebih baik memilih transportasi bus. Oiya, selama perjalanan menuju seoul saya memperhatikan jalan hampir semuanya menggunakan kia or hyundai, penduduk setempat juga menggunakan samsung, sampai shower dan kloset yg biasanya merk toto or american standard ini malah produk lokal, sepertinya org korea bangga sekali memakai produk lokal. Selain itu, walaupun kami menggunakan bus tapi bus ini sampai di tujuan tepat waktu, di jadwal tertulis 08.36pm, sesampainya di seoul juga tepat pukul segitu, ga terlewat semenit pun, padahal setiap hari di indonesia saya menggunakan bus dan jarang sekali sampai  di waktu yang sama setiap harinya. Woww.. amazing lah dengan on time nya mereka!

Review sedikit tentang tempat tinggal kami sampai 4 hari ke depan, Hongdae Guesthouse merupakan salah satu guesthouse favorit di seoul, selain letaknya yang dekat dengan stasiun, fasilitas kamarnya pun terbilang lengkap, kami tinggal di kamar dorm yang berisikan 8 orang, kamarnya terdiri dari 2 lantai dengan tempat tidur tingkat, fasilitasnya ada dapur, tempat cuci piring, kompor, kulkas, dispenser, kamar mandi, hair dryer, ac, harga per person 22.000 won/hari.

our room +hongdae guesthouse ( 홍대게스트하우스 )