Falling in love with Toyama

Ikuti Present Campaign HIS Winter Tour Blogging Competition

Apa resolusimu tahun 2016?

Setiap tahun saya selalu menargetkan pergi ke suatu tempat yang belum pernah saya kunjungi.. Dan di bucket list saya muncul negara Jepang..mungkin yang ada di pikiran kalian kalo mendengar Jepang itu…Tokyo/Osaka/Kyoto?terlalu mainstream ya, walaupun saya juga pengen kesitu sih… tapi ada satu tempat di Jepang yang pengen banget saya kunjungi, Toyama. Mengutip dari wikipedia, Toyama merupakan ibukota prefektur yang luasnya mencapai 4.247 km2 dengan penduduk 1.070.000 di tahun 2014 (sumber wikipedia dan www.jalan2kejepang.com). Iklim di Toyama subtropical, ga beda jauhlah ya sama Indonesia, jadi masih weather friendly. Walaupun begitu Toyama menyimpan keindahan yang luar biasa, Toyama merupakan satu-satunya Negara di Asia Timur yang memiliki gletser selain Rusia, dan pertama kali diakui pada tahun 2012. Yeyy..ga perlu jauh-jauh ke Rusia, udah bisa menikmati gletser disini.

Beberapa tempat yang sudah saya list untuk wajib dikunjungi kalo berkunjung ke Toyama :

1. Takaoka District

Siapa yang ga kenal Doraemon? Kucing imut yang punya kantong ajaib, kelahiran 90-an pasti tau banget nih.. film kartun yang sering dinanti-nantikan setiap minggu pagi, karya legendaris dari Fujiko F. Fujio, Fujiko F Fujio sendiri ternyata merupakan seniman manga dari Takaoka. Nah, kalo mau nyobain Doraemon Tram, kamu bisa banget nyobain di Toyama, tepatnya di Takaoka District.  Doraemon Tram adalah tram yang berada di Manyosen yang menghubungkan Takaoka dengan Shinminato.
Di serial manga, Doraemon lahir pada 3 september 2112, pada saat perayaan ulangtahunnya (seratus tahun lebih awal), pemerintah bekerjasama dengan fujiko pro co membersembahkan tram ini. Tram diubah sehingga benar-benar mewakili Doraemon. Pintunya dicat menyerupai “Pintu Ke Mana Saja”, perangkat modern Doraemon yang dapat mengantar ke manapun seperti diinginkan penggunanya, pasti seneng banget ya naik tram ini, berasa masuk ke dunia Doraemon.
Ga cukup sampai disitu, selain bisa naik tram Doraemon, mulai tanggal 1 Desember 2015, di Takaoka juga dibuka galeri Doraemon. Tuh tunggu apalagi deh, buat yang penggemar Doraemon. Yuk, ke Toyama!


2. World Heritage Gokayama Gassyo-Style House

Gokayama, rumah tradisional Jepang, warisan leluhur yang terdaftar sebagai warisan dunia UNESCO. Rumah tradisional ini disebut gasshō-zukuri, yang berarti "hand made" dibuat secara tradisional dengan bentuk atap yang meruncing dan sangat besar dengan tiga sampai empat tingkat di bawah atap rumah, mempunyai detrajat kemiringan yang tinggi sehingga bentuknya mirip dua telapak tangan yang sedang dikatupkan, bentuknya yang unik berfungsi untuk menahan curah salju yang cukup tebal di musim dingin agar atap tidak cepat rusak. Ga perlu khawatir atap roboh karena rumah ini selalu dirawat dengan baik dan penutupnya diganti setiap 25 tahun sekali. Cocok banget kalo mau menikmati pedesaan ala Jepang yang masih tradisional



3. Tateyama Kurobe Alpine Route

Nah, yang ini favorit saya! Tateyama Kurobe Alpine Routine, walaupun baru liat-liat di google gambarnya aja, tapi udah bikin jatuh cinta.

Dulu sempet bingung mau menentukan ke Jepang di musim apa.. pengen ngeliat sakura di musim semi, tapi berhubung saya ini orang Indonesia yang rada ndeso punya cita-cita pengen banget nyentuh salju jadi agak galau menentukan pergi ke Jepang di musim semi atau musim dingin.. sekarang saya udah ga perlu galau lagi karena di Toyama bisa menikmati salju di musim semi.. yuhuu, sekali mendayung dua, tiga pulau terlampaui!

Tateyama Kurobe Alpine route, jalur yang menghubungkan kota Toyama dengan kota Omachi yang dibuat dengan menembus Northern Japan Alps. Rutenya mencapai total 90km yang mencakup wilayah Tateyama, Toyama, dan Omachi. Rute ini telah dibuka sejak 1 Juni 1971, dan semenjak dibuka, tempat ini berubah dari tempat terisolasi menjadi lokasi terbaik untuk melihat panorama alam. Bayangkan berjalan ditengah-tengah salju di kanan dan kiri, biasa disebut dengan Snow Wall Tateyama atau disebut juga snow coridor, a long corridor with thick snow both sides. Dan kabar baiknya kita ga Cuma bisa memandang indahnya salju, tapi juga diperbolehkan menulis di dinding salju, bisa banget loh kalo mau nulis nama pacar, kalo nulis di gembok cinta kan udah terlalu mainstream, jadi sekali-sekali nyobain nulis di atas salju… wuihh.. bisa jadi pengalaman tak terlupakan!

Oiya untuk menyusuri seluruh rute dari stasiun Tayema (di Toyama) ke stasiun Ogizawa (di Omachi) diperlukan waktu ± 6-8 jam, jadi luangkan banyak waktu ya untuk melihat eksotisme perjalanan ini, dijamin ga akan bosen, karena selama perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang dinamis, mulai dari lahan datar, puncak gunung, lembah, bendungan, dan terowongan…

Di mulai dengan pemberangkatan dari stasiun JR Toyama dengan menggunakan Tram, melewati perkotaan, dilanjutkan dengan stasiun tateyama, Bijodaira yang ditempuh dengan menggunakan Tateyama cable car di tempat ini terkenal dengan hutan alami yang dipenuhi oleh pepohonan Cedar  dan burung.
Dilanjutkan dengan titik puncak dari keseluruhan rute, mulai dari pemandian air panas (onsen tertinggi di Jepang), 
kemudian klimaks nya di koridor salju, yang dibuka untuk umum pada bulan April-Juni.

Sampailah ke bagian yang paling menegangkan, yaitu kereta gantung tanpa penopang terpanjang di Jepang menuju ke Kurodebaira, menegangkan tapi bisa menikmati keindahan pegunungan, danau dan taman…

Dari bulan April sampai pertengahan Juni, kamu bisa melihat Yuki no Otani atau disebut jugaThe Great Snow Canyon. Di rute ini juga melewati sebuah bendungan besar yang bernama Bendungan Kurobe

Bendungan tersebut adalah pusat dari sumber daya tenaga air, bendungan ini merupakan bendungan tertinggi di Jepang yang selesai dibagun tahun 1963 di sungai Kurobe, Dengan tinggi 186m, panjang 492m, dan dapat menampung sekitar 200 juta ton air. Pada akhir Juni dan pretengahan Oktober, air bendungan ini dilepaskan dari spilway sebagai pertunjukan kepada pengunjung. 

Untuk bisa mencapai kesini bisa menggunakan Kereta Api Kurobe Gorge (Kurobe Gorge Railway). Layanan kereta api wisata ini tidak dibuka sepanjang tahun, tetapi hanya dibuka dari pertengahan April hingga November. Pas banget donk ya, kalo ke Jepang di bulan april, habis menikmati sakura langsung lanjut kesini.

Perjalanan Kurobe Gorge berakhir di Stasiun Keyakidaira, Kanetsuri. Selanjutnya tinggal berjalan kaki untuk menuju sungai Kurobe, dan menikmati sungai air panas yang jernih dan juga kolam air panas. Dari kurobe Dam melewati ogizawa dan berakhir di Shinano Omachi.

4   4. Takayama

Jepang dengan suasana klasik, maka kota tua Takayama adalah pilihan yang tepat ketika kamu berlibur ke Jepang. Berada di Takayama membuatmu merasakan kehidupan di zaman Edo dimana kamu akan melihat arsitektur rumah tua yang masih menggunakan 100% dari kayu. Khususnya di sekitar daerah Kamisannomachi, Kamininomachi, dan Kamiichinomachi disebut San Machi Dori, merupakan tempat primadona pariwisata Takayama. Jangan lupa untuk berbelanja di sana, karena di kota berjajar toko permen, toko barang kerajinan tradisional, dan warung-warung penjaja makanan yang siap memuaskanmu. Bagi yang bukan muslim patut mencoba sake Takayama, karena Takayama berada di dataran tinggi, maka kualitas nasi yang dihasilkan sangat bagus, maka hasil sakenya pun juga bagus. Untuk yang muslim cukup coba nasinya aja ya!

5. Zuiryuji Temple

Zuiryuji Temple, salah satu harta nasional Jepang yang tak bisa dilewatkan saat berkunjung ke Takaoka, Toyama. Candi yang terbuat dari kayu beratapkan timah besar, yang dibangun lebih dari 400 tahun yang lalu, seperti berada di era Maeda. Salah satu tempat yang bisa bikin kita tenang, cocok untuk jadi destinasi kabur dari rutinitas kerjaan :p
Zuirjuji Temple Illumination, Takaoka. Photo courtesy of Toyama Prefectural Tourism Association

6. Spa Pasir di Hanayama Onsen Hotel 

Capek seharian mengelilingi Toyama, bisa teobati dengan spa pasir ini. Spa yang ga biasa, bisa jadi pilihan menarik saat mengunjungi Toyama. Berada di Hanayama Onsen Hotel, kita disuguhi pengalaman baru berspa dengan pasir. Tinggal tutup dahi dengan kain dingin, pejamkan mata, udah bisa melupakan beban hidup xD . Patut dicoba! Kalo ga mau kotor-kotoran dengan pasir, bisa berendam onsen dengan pemandangan Nanto.


Kuliner

Ga afdol rasanya, pergi ke suatu tempat tanpa mencoba makanan khasnya. Berikut beberapa makaan yang wajib dicoba saat kamu menjelajahi Toyama :

1. Toyama sushi, 

tau donk kalo Jepang itu terkenal dengan kelezatan sushinya, apalagi kalo ikannya berasal dari teluk Toyama yang dikenal sebagai penghasil ikan super lezat… wuiiihh kebayang gimana fresh dan gurihnya…nyumm..

2. Masuzushi 

Salah satu kuliner populer dari prefektur Toyama. Merupakan sushi dari ikan trout yang dibungkus dengan daun bambu hijau dan dikemas dalam wadah kayu bundar. Diawali dari tahun 1717, seorang samurai dari Toyama, Yoshimura Shinpachi mempersiapkan sushi ini dengan ayu dari sungai Jinzugawa dan beras dari Etchuu. Maeda Toshioki sangat menyukainya dan memberikan persembahan khusus kepada 8 shogun, Yoshimune. Sejak itu sushi ini sangat terkenal. Wihh.. sejarah makanannya aja udah melegenda gitu ya, pasti enak banget!

Masu sushi populer sebagai makan siang yang dijual di stasiun kereta api atau sebagai oleh-oleh. Ada banyak toko sushi yang mengkhususkan diri menjual sushi ikan trout terutama di sepanjang Sungai Jinzu. Sebagai oleh-oleh, masu sushi yang dikemas dengan cara vakum sangat direkomendasikan.


3. Burakku Raamen (Toyama Black Ramen) 

Ramen, salah satu makanan khas Jepang, Toyama, memiliki ramen yang unik berwarna hitam dengan campuran asin dari soy sauce dihidangkan bersama daging panggang. Pertama kali diperkenalkan di Daiki.



4. Buridaikon 


Yellowtail fish, makanan khas dari Teluk Toyama, yang dihidangkan bersama lobak. Disebut juga raja ikan di teluk Toyama, biasanya dimakan saat ada perayaan. Buri, ikan yang paling representatif dari Barat Jepang.. nyummm!

5. Hotaruika (Cumi Kunang-Kunang Toyama)

Toyama juga terkenal dengan cuminya (Hotaruika), cumi kunang-kunang ini dapat ditemukan di musim semi mereka beranang di permukaan laut teluk Toyama terkenal dengan kelezatannya. Salah satu yang terkenal yaitu Ika ada Teppoo yaki yang hanya dibuat pada bulan Maret disajikan dengan miso paprika dan daging ikan. Bisa juga dijadikan sasihimi.


6. Sake

Toyama yang terkenal dengan penghasil beras terbaik, maka sake yang dihasilkan pun memiliki kualitas tertinggi.

Selain makanan khas Toyama di atas, hasil cari mencari makanan halal di Toyama akhirnya saya menemukan dua tempat makan halal favorit yang mungkin bisa jadi pilihan muslim yang mau berlibur ke Toyama, jadi ga perlu khawatir lagi deh nyari makanan halal :
Where? Nakashinminato Station, Toyama

1. Zaika curry house
porsi yang besar dan mengenyangkan cocok untuk suplai energi seharian. Walaupun menunya bukan khas Jepang tapi bisa jadi pilihan muslim yang mau berkunjung kesini

2. Kashmir 
 Nasi briyani.

Sebagai orang Indonesia pasti ga jauh-jauh donk dari makan nasi, porsi yang besar dan mengenyangkan cocok untuk suplai energi seharian. Walaupun menunya bukan khas Jepang tapi bisa jadi pilihan muslim yang mau berkunjung kesini.

Tertarik mengunjungi Toyama ? Tidak perlu khawatir karena akses ke Toyama sangatlah mudah. Jika berangkat dari daerah Osaka atau Kyoto, dapat menggunakan kereta Limited Express Thunder Bird yang langsung ke stasiunToyama melalui daerah Komatsu dan Kanazawa. Namun untuk menghemat biaya transportasi, kita juga dapat membeli Takayama-Hokuriku Tourist Pass seharga 13.500 Yen yang dapat digunakan mulai dari Kansai airport sampai ke Toyama ataupun dari Nagoya ke Toyama. Sedangkan Tiket pass yang lebih ekonomis adalah JR Pass seharga 29.110 Yen yang dapat meng-cover semua biaya transportasi kereta selama 7 hari di Jepang. Sehingga jika anda berangkat dari Tokyo, saya sarankan untuk menggunakan JR Pass yang lebih hemat waktu dan ekonomis.
Ga mau donk jauh-jauh ke Jepang terus kesasar, bingung arah padahal waktu liburan singkat, nah sekarang kamu cukup percayakan semuanya ke travel berpengalaman H.I.S, PT. Harum Indah Sari Tour & Travel (H.I.S Travel Indonesia) yang merupakan travel agent dengan jaringan global terbesar di 60 negara dari 130 kota besar yang terdiri dari 190 cabang. Dengan reputasi yang sudah terkenal di mancanegara, kamu ga perlu khawatir lagi, ga akan ada cerita uang tabungan kamu dibawa kabur sama travel agent abal-abal. Selain itu H.I.S juga menyediakan layanan individual group tour dengan tujuan perjalanan domestik maupun internasional serta berbagai produk guna memudahkan wisata Anda. Lebih lengkapnya bisa di cek disini https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia

Mau ke Jepang tapi budget terbatas? tapi khawatir dengan pesawat murah? Tapi takut ga nyaman? ga mau donk abis liburan badan remuk gara-gara salah pilih pesawat. Nah, disini kita ngajak kamu untuk nyobain HAnavi, HAnavi adalah kolaborasi antara H.I.S dengan ANA (All Nippon Airways yang dirancang khusus untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang. HAnavi juga menyediakan paket tiket penerbangan Domestik + Hotel dengan harga yang MURAH MERIAH  (duh.. wajib banget nih di bold garis bawah sama capslock, Murah loh teman-teman!) Berangkatnya dari Tokyo atau Osaka. Nih untuk kelas ekonomi internasionalnya aja ANA udah mempunyai fasilitas berikut :

  • Makanan lengkap dan minuman yang disediakan
  • Audio / Video On Demand dan konektivitas iPod yang tersedia di 767s, 777 dan 787; tidak ada kursi belakang layar pada A320 dan 737-700s; portable media player yang tersedia di 737-700ERs
  • Kursi pitch 34 inci pada 777 dan 787; kursi pitch 31 inci pada 767s; desain kursi shell tetap di mana kursi bergeser ke depan daripada berbaring kembali di 777 lebih baru dan 787; beberapa 777-300 pesawat telah 2-4-3 mengikuti tempat duduk tata letak sesuai kelompok ukuran yang berbeda yang ingin duduk bersama
  • Untuk menentukan jenis kursi akan tersedia pada klik penerbangan tertentu disini
  • Kekuatan poin dan port USB yang tersedia
  • Selimut, bantal dan kemudahan kit pada media untuk penerbangan jarak jauh
  • Bagasi dari 2 x kantong 23kg
Dijamin nyaman deh ya liburannya. Duh, baru nulisnya aja udah kebayang-bayang liburan kesana pasti seru banget! Good places, good experiences, good locals, and good food seem so perfect! What you waiting for……Go get your travel bag and join with HAnavi. 

p.s : semua foto disini merupakan hasil googling

Daftar Pusaka :
http://www.jalan2kejepang.com/destinasi/toyama
http://www.halalinjapan.com/toyama-halal-food-restaurants.html#imizu
https://en.wikipedia.org/wiki/All_Nippon_Airways
http://www.kompasiana.com/rasawulansariwiduri/nikmati-keindahan-pegunungan-dan-keunikan-desa-budaya-di-toyama_56867d3705b0bd5a1426c15f

Comments

Popular Posts