Visit Palembang Februari 2015

Februari 2015, I get an opportunity to attend my senior wedding on Palembang... so excited.. yeyy.. finally Palembang!

Palembang..here I come...

Hari Pertama
Dengan menggunakan GA 120, kami berangkat dari cengkareng pukul 19.55, perjalanan memakan waktu sejam. Sesampainya kami di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin, kami langsung nyobain Martabak Har yang harga seporsinya 16K.

Martabak Har yang terkenal

Bagi penggemar makanan india yang berkari-kari pasti suka makanan ini..martabak yg disajikan dengan kuah kari+dagingnya.. porsinya mengenyangkan.. tapi sayang sekali saya bukan penyuka santan, jd kurang cocok, *padahal tetep dimakan juga* xD

Hari kedua
Diajakin liat-liat batik di pasar yg letaknya di ilir. Batiknya bagus-bagus, banyak kain ulos, ga terlalu padat juga. Beres liat batik, kami makan siang di pindang patin di rumah makan musi prabu indah, harganya 26K/porsi, seger banget rasanya ada asem-asem pedes, tapi sayang patinnya seuprit xD selain pindang patin, saya juga nyoba pindang iganya.. enak!

Pindang iga dan pindang patin

Beres makan, mumpung di palembang, nyobain pempek vico.. aaaakk enak bangetbanget! biasanya cuman makan pempek jukfin di Bogor, sekarang dikasih pempek langsung dari daerahnya, ternyata rasanya enak bgt, ditambah es kacang merah seharga 20K :9 . Sayangnya ga sempet nyobain pempek isi pepaya, padahal cuman ada di palembang katanya.hiks.

pempek vico

Perut kenyang, mari kita pulang siap-siap kondangan. Kondangannya jam7, kami udh dateng dari jam7 kurang, nyampe depan hotel ada fotografer moto-moto, langsung aja kami minta foto, kirain dari panitia weddingnya, ternyataa... itu fotografer jualan, pulang dari nikahan langsung nawarin jualan fotonya, macem foto wisuda aja nawarin ukurannya gede banget, udah kaya ukuran buku gambar A3, tapi tetep ga kita beli sih, padahal bikin malu fotonya dicetak gede terus dijual -_____-". Oiya, acara nikahan jam7 dan ini katanya live di tv palembang loh... ihii mbae masuk tv ;)). dijadwal acaranya jam7, tapi baru mulai sekitar jm8, dan baru makan jam set9, ternyata menurut teman saya yang org palembang juga, disana emg seperti itu, biasanya baru mulai malah jam9.. OMG, perut oh perut..hihi.. Ga kaya di jakarta, gedung nikahannya penuh kursi, jadi biasanya tamu duduk, dan kalo pengantin datang para tamu berdiri di tempat, biasanya klo kami di jakarta, penganten dateng langsung berdiri nyamperin di pinggir karpet sambil foto-foto, alhasil disana kami doank yang nyamperin pengantin sambil foto-foto. Sang pengantin pun terlihat masuk ke ruangan, cantik banget lohh Mba Indah kaya plincess x))

Mba Indah's wedding

Pulang dari kondangan, saya janjian sama teman saya, dokter cantik yg emg udah tinggal di palembang sekarang.. Kami diajak ke Riverside Restaurant, restorannya persis di pinggir sungai, jadi kita bisa liat langsung jembatan ampera, ada spot untuk foto2 dengan latar jembatan ampera nya juga.

jembatan ampera

Hari Ketiga
Hari terakhir, kami nyobain mie celor, 16K, sekilas mirip sphagetty carbonara dicampur telor.hihi.. Gurih-gurih rasa susu gtulah, lumayan enak, kami nyobain yg paling terkenal yaitu Mie Celor 26 Ilir.

mie celor

Kenyang makan, kami minta diajak jalan-jalan naik speedboat ke Pulau Kemaro, dan kita dapet harga murah bangettt... cuman 25K bolak balik, yaampun di jakarta harga segitu cuman bisa naik ojek sekali jalan.haha.. Baru pertama kali ini saya naik speedboat di sungai, biasanya di laut, disini ombaknya tapi mirip dengan laut sih. Di Pulau Kemaro ini banyak terdapat pagoda, apalagi waktu itu menjelang gong xi fat choi, jadi udah banyak hiasan khas tionghoa. ...

pulau kemaro

Beres jalan-jalan naik speedboat, kami cari oleh-oleh di tempat krupuk kemplang, lupa namanya, cuman khusus kemplang, saya ga merekomendasikan yang gabus, kemplangnya sih enak empuk tapi sambalnya kurang. Abis darisitu kami ke pempek candy, ngambil paket yg 150K untuk pempek yg kecil2, sedikit menyesal juga sih kenapa ga yg pempek gede2 sekalian biar lebih puas hihi. Paketannya sebenarnya gada pempek kulit, berhubung saya suka pempek kulit, jd minta beberapa diganti pempek kulit. Untuk rasa, saya lebih suka vico sih.. Selain beli pempek basah, saya beli tekwan kering juga, lumayan buat mama di rumah isinya banyak koq harganya cuman 26.5K, cukup direndam air anget sama dikukus udah ada bumubunya lengkap.

Lanjut dengan makan siang di RM. Pindang Musi Rawas, saya mesen patin tempoyak, isinya patin dikasih duren, unik rasanya, silahkan coba sendiri :)). Over all, saya lebih suka pindang di RM. musi prabu indah sih, walaupun disini lebih rame dan pas kesini ketemu artis, harganya juga masih lebih murah di RM. musi prabu indah..hehe.

Beres makan siang, kita nyari dessert, duren :p. Pengen aja sih nyobain duren disini, tapi ga nyesel rasanya enak manis.. lengkap sudah kuliner palembangnya... waktunya kita pulang... Terimakasih kepada dokter cantik, Ape yg udah setia menemani dan menraktir kita pula hihi.. sukses terus ya. Selamat juga buat Mba Indah semoga jadi keluarga samara.. Terakhir, terimakasih banyaakkk buat Mba Vika yg udah kita repotin 3hari berturut-turut mrnyediakan akomodasi dan transportasi...