what's your dream?

What's your dream??


to be a doctor?an actrees?a technician? mine is government employee of Ministry of Finance.
Cita-cita ini sudah aku tulis di dream book sejak aku masih kuliah, walaupun sedikit meleset tahun masuknya, tapi alhamdulilah di 2014 lalu cita-cita ini tercapai..
Sejak kecil saya sudah bercita-cita bekerja disini.. dengan membuat langkah-langkah jangka pendek sampai menentukan akan masuk kuliah jurusan keuangan, semua sudah ter-planning dengan baik, walaupun nyatanya tidak semudah itu.
Pembukaan PNS 2013 saya coba dan ternyata gagal tidak lama sedih dalam kegagalan saya pun merancang strategi untuk ikut tes di 2014, dengan belajar dari jauh-jauh hari bersama dua teman saya, akhirnya lolos juga. Tesnya sendiri terdiri dari beberapa tahapan, yang paling sulit itu tes kewarganegaraan, hhii... mungkin dulu waktu sekolah nilai PPKN saya jelek, makanya paling susah ini.. Setelah tes kewarganegaraan, tes psikotes seharian, ini sih saya suka banget, tes pauli saya minta nambah malah xD. Terakhir itu tes kebugaran dan wawancara, latihan tiap minggu lari pagi, ternyata hasilnya masih belom maksimal saya cuman dapet kurang dari 4 putaran lapangan bola dalam 12 menit, 12 menit keliling lapangan bola, masih dilanjut dengan lari huruf S. Untuk tes wawancara, diadakan selama setengah jam dengan 2 orang yang mewawancarai, kebanyakan pertanyaan mengenai integritas dan bagaimana pengembangan diri..
Setelah ditunda 2x, pengumuman pun datang juga tanggal 25 desember 2014 saya mendapat telepon dari teman saya kalo saya dan pacarnya keterima di Direktorat Jenderal Pajak.. aakk seneng banget!
Tanggal 15 Januari 2015 (kalo ga salah tanggal) kami pertama kali dikumpulkan sebagai CPNS Kemenkeu di Gedung Dhanapala, diresmikan langsung oleh menteri keuangan.
Pembukaan CPNS Umum Kemenkeu angkatan 2014
Setelah resmi jadi CPNS, kami magang dan OJT, saya ditempatkan di Organta Kantor Pusat DJP, alhamdulilah ga jauh-jauh penempatannya, dan difasilitasi jemputan, pas banget waktu itu lagi miskin2nya hampir setahun ga digaji cuman dapet uang kasian 900 ribu tiap bulan (lumayan bisa bertahan hidup) haha.

Teman seperjuangan magang Organta

Foto Pemenang selfie DJP :p

Maafkan ke-alay-an kami xD

Magang, OJT kemudian Prajabatan.. 3,5 minggu kami prajabatan di Parung dengan diawasi kopassus dari jam 5 sampai setengah 11 malam, sampe gosong dan kurus diterpa angin, badai.. korsaa! Bangun tidur salat berjamaah, apel pagi, makan, masuk kelas sampe malem ditutup dengan apel malam. Setiap kesalahan ada hukumannya loh, ntah jalan jongkok, push up dll. Tiga hari awal prajab, merupakan hari yang paling berat full fisik.. song gosong gosong.. hahaha.. tapi sangat berkesan. Khusus untuk prajab angkatan parung ini paling berkesannya horor. Berasa di FTV horor xD.

Magang udah, OJT udah, Prajabatan udah... perjalanan tidak sudah sampai disitu saja kawan, masih ada DTU dan DTSD yang menanti.

DTU itu macem diklat fisik selama 10 hari di alam terbuka, kami DTU di perkemahan cibubur (horor lagikan). 3 hari awal ga boleh mandi, padahal abis nyebur di lumpur2an dan kolam, tidur tak beralas tak beratap di lapangan terbuka.. sukseslah buat tanning xD. Setelah melewati 3 hari, kami boleh tidur di tenda seperti foto di bawah ini.

tempat tinggal selama DTU

Apa yang paling berkesan selama DTU? horornya dan kopassusnya yang galak xD. Sukses bikin disiplinlah... guling, jungkir, push up, sit up, lari, jalan malam.. semua kami lalui. Tapi yang paling berkesan ya ituu.. horornya, kesurupan massal..yah mungkin kami aja yang lagi kurang beruntung..

Kalau DTU cedera fisik, DTSD cedera otak xD. 1,5 bulan kami DTSD dipaksa memahami KUP, PPh, PPN dan materi perpajakan dasar lainnya dalam waktu sesingkat-singkatnya. Alhamdulilah untuk yang lulus (termasuk saya :)) ), dan semoga yang belum lulus cepat diluluskan..aamiin.



Penutupan DTSD dengan menerbangkan balon ke udara

Selesai sudah sepenggal cerita menuju salah satu cita-cita saya... beres menulis cerita ini saya masih punya banyak utang cita-cita dalam dream book yang pernah saya buat. Intinya, jangan pernah ragu untuk menuliskan cita-cita, setinggi apapun itu berusahalah semaksimal mungkin then let the God do the rest :)) 



Comments

  1. Terimakasih banyak pak.. salah satu org yg paling berjasa membimbing skripsi saya sampai saya lulus :))

    ReplyDelete
  2. Baa biasanya abis DTU lngsung masuk DTSD? Atau dikasi jeda untuk bberapa hari istrahat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kebìjakannya sih.. kalo aku karena waktunya emg udh mepet bgt, watir lintas tahun, jd langsung dilanjut DTSD..

      Delete

Post a Comment

Popular Posts